Jumat, 10 Agustus 2018

Info Petrosains Kuala Lumpur Malaysia

 Petrosains ini terletak di kompleks KLCC Info Petrosains Kuala Lumpur Malaysia
Mengenal pipa-pipa minyak.

Petrosains ini terletak di kompleks KLCC, Kuala Lumpur, Malaysia. Makara jikalau ke KLCC gunakan waktu seharian untuk beberapa venue sekaligus disana. Dari jalan Bulan, Bukit Bintang, daerah saya menginap, banyak pilihan untuk hingga di KLCC. Berangkatnya saya menentukan taxi dari depan hotel alasannya masih pagi, malas jalan, lagipula perut sedang full sesudah sarapan. Pulangnya saya memakai bis GO KL, gratis! Heran juga hingga ada bis gratis begitu ditengah kota. Biaya operasionalnya bagaimana ya?

 Petrosains ini terletak di kompleks KLCC Info Petrosains Kuala Lumpur Malaysia
Uji nyali, merosot kebawah ibarat karyawan kilang.

Petrosains ini terletak di lantai 4 gedung Suria Mall. Otomatis bukanya berdasarkan jam buka mal adalah jam 09.30. Kalau Suria Mal sendiri pagi-pagi sekali sudah buka meskipun toko-toko didalamnya belum buka. Saya nunggu buka Petrosainsnya ya cuma foto-foto

dan duduk-duduk aja sih, alasannya toko-toko didalam Suria Mal banyak yang brand internasional. Mau masuk aja nggak pede, udah terang uang saku gak cukup dan sudah bersumpah tidak akan memakai kartu kredit. Padahal di lobi ada kios yang sedang menjual tiket F1 Sepang. Saya cuma lewat-lewat saja sih, hehehee....

 Petrosains ini terletak di kompleks KLCC Info Petrosains Kuala Lumpur Malaysia
Science live show

Petrosains ini bersebelahan dengan Sultans of Science, yang berisi ilmu pengetahuan dunia Islam. Petrosains lebih populer dibandingkan dengan Sultans of Science, risikonya pengelola menunjukkan tiket kombo harga diskon. Tapi alasannya jam 12.30 saya harus sudah check in untuk naik ke Puncak Twin Tower Petronas, maka diputuskan hanya ke Petrosains saja.

 Petrosains ini terletak di kompleks KLCC Info Petrosains Kuala Lumpur Malaysia
Mengetahui kecepatan bola.

Seperti diseluruh komplek KLCC, disinipun para petugas masih muda, sangat ramah, penuh senyum dan helpful. Penting untuk diketahui, Petrosains tutup di hari Senin untuk maintanance, sama ibarat di Twin Tower Petronas. Jam buka 9.30am-5.30pm dengan registrasi terakhir jam 04.00pm. Tiket untuk sampaumur RM25, remaja RM20, belum dewasa RM5, manula RM8, sedangkan bayi gratis. Untuk bayi disediakan baby stollers dan nursing room. Petugas mempersilakan satu orang saja untuk mengantri, sedangkan lainnya dipersilakan ke bilik festival yang diadakan oleh para mahasiswa.

 Petrosains ini terletak di kompleks KLCC Info Petrosains Kuala Lumpur Malaysia
Mengukur kekuatan dan kecepatan tangan.

Begitu masuk eksklusif serem alasannya naik kereta yang dapat berputar-putar mengikuti layar dan narasi ihwal jaman purba. Kebanyakan anak kecil nangis sih, alasannya takut, tapi nggak usang kemudian dapat menikmati. Asik deh. Setelah itu kita masuk ke gedung Petrosains dan menikmati banyak sekali alat peraga. Mirip ibarat Taman Pintar di Jogja, hanya saja koleksi lebih lengkap, gedung lebih luas, atraksi lebih banyak, dan petugas yang jauh lebih ramah. Kok dapat ya? Padahal katanya orang Malaysia suka meremehkan orang Indonesia? Padahal katanya kita bangsa yang ramah? Padahal orang Jogja.... ah sudahlah, kembali ke topik!

 Petrosains ini terletak di kompleks KLCC Info Petrosains Kuala Lumpur Malaysia
Robot menulis.

Peragaan yang sempat dicoba banyak sekali ya, hingga tidak dapat mengingat semua. Antara lain masuk ke bilik kecil kemudian berusaha bertahan dihembus angin yang makin usang makin kencang, mangkuk gema, simulasi gempa bumi, menciptakan design batik sendiri, percobaan volcano, ruang interaktif, percobaan kecepatan bola, pengukuran kekuatan pukulan, simulasi kendaraan beroda empat F1 dan masih banyak lagi. Entah mengapa untuk permainan ketangkasan tangan diberi nama Batak Pro. Di ruang khusus ihwal minyak alias petro, ada dinosaurus ngerap. Saya ngerap juga dong, heheheee.... Disini juga ada ruang 3D yang berdasarkan saya malah lebih asik dibandingkan dengan teater 4D di Genting Highlands. Untuk masuk ke semacam kapsul pesawat ini harus membayar lagi. Tidak semua akomodasi yang cukup banyak ini saya coba alasannya sudah melirik jam untuk ke Twin Tower Petronas.

 Petrosains ini terletak di kompleks KLCC Info Petrosains Kuala Lumpur Malaysia
Mengukur kekuatan pukulan.

Keluar gedung dengan cara sama, naik kereta yang dapat berputar 360 derajat. Hanya saja kali sudah tidak gelap lagi alasannya bukan jaman purbakala. Digambarkan Malaysia berada di jaman kejayaan dengan foto-foto wajah dari banyak sekali etnis, usia dan profesi. Recommended untuk keluarga.

Secara garis besar, berikut atraksi yang dihentikan dilewatkan:

  • Dark Ride untuk mengenal hutan, bahari dan langit.
  • Oil Platform untuk mengenal kilang minyak.
  • 3D Teater Ongku Omar berisi 3D film.
  • Geotime Diorama untuk melihat dinosaurus, gempa bumi dan minyak bumi 200 juta tahun yang lalu.
  • Xplorasi untuk membeli souvenir.
Info / Booking Line 603-2331 8181 (cek jikalau ada perubahan aktivitas buka).

Jam buka:
Selasa / Rabu / Kamis / Jumat jam 09.30 - 16.00
Sabtu / Minggu / Libur Nasional jam 09.30 - 17.00
Hari Senin tutup kecuali libur nasional.

Alamat:
Level 4, Suria KLCC, PETRONAS Twin Towers, 50088 Kuala Lumpur
petrosains.com.my


Info Petrosains Kuala Lumpur Malaysia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: anton
Terima kasih sudah berkomentar